Kegunaan dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network) - Virtual Private Internet (VPN) Indonesia

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 17 Januari 2018

Kegunaan dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Sahabat Virtual Private Network / VPN Indonesia... Kali ini mimin akan menjelaskan tentang kegunaan dan cara kerja VPN yang biasanya digunakan atau difungsikan untuk mengakses berbagai situs tanpa batas dan lebih aman karena mampu memanipulasi IP address user saat berinternet. Nah, buat Anda yang belum memiliki VPN Indonesia, sebaiknya gunakan dan pasang sebab banyak sekali kegunaan VPN yang bisa didapatkan.

Baca Juga:
5 Serangan Internet dan Cara Menghindarinya

Apa Kegunaan VPN Itu?

Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunanya. Fungsi utama tersebut adalah sebagai berikut:

1. Confidentiality (Kerahasiaan)
Teknologi VPN memiliki sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan Anda menjadi lebih terjaga. Biarpun ada pihak yang dapat menyadap data Anda yang lalu-lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan mudah karena memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data Anda dengan mudah.

2. Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan Internet, data Anda sebenarnya sudah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Di tengah perjalanannya, apapun bisa terjadi terhadap isinya. Baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang Anda kirim agar sampai ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi source datanya. Kemudian alamat source data ini akan disetujui jika proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima oleh Anda berasal dari sumber yang semestinya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirimkan oleh pihak-pihak lain.

Kegunaan dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)
Kegunaan dan Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Sementara untuk Cara Kerja VPN bisa dijabarkan secara singkat

1. VPN mendukung banyak protokol seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCK. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
2. VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenangan di jaringan.
3. Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan. hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
4. Teknologi saat ini semakn banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network juga membuka jalan untuk koneksi WiFI dan jaringan nirkabel pribadi.

Baca Juga:
Penggunaan Sistem Keamanan Jaringan

Anda tertarik menggunakan VPN? Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan VPN Indonesia yang bisa Anda dapatkan. Tujuannya sebagaimana yang telah disebutkan yaitu untuk kerahasiaan, keutuhan data, dan autentikasi sumber agar lebih aman saat berinternet. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here